Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Hemat Agar Uang Kamu TidaK Habis Di AKhir Bulan

Pernah gak sih, kamu kehabisan uang di akhir bulan atau bahkan di pertengahan bulan dompet kamu sudah menipis. Akibatnya kamu harus berhutang di sana sini demi memenuhi kehidupan kamu. Hal tersebut bisa terjadi sebab manajemen keuangan kamu yang buruk. Nah melalui artikel ini, kami akan membagikan tips hemat agar uang tidak habis di akhir bulan. Berikut ini poin-poin yang sudah kami rangkum.

1. Sisikan Uang di Awal Bulan


Untuk menyisihkan uang di awal bulan, kamu boleh melakukannya dengan cara mencatat pengeluaran pokok bulanan terlebih dahulu dan sisanya kamu sisihkan untuk tabungan kamu. Buatlah komitmen untuk tidak mengambil uang tabungan kamu itu, kecuali hanya dalam keadaan darurat.

2. Hindari Hutang


Memang dengan berhutang kamu akan mendapatkan uang dengan cepat entah itu dari teman, orang lain atapun melalui kredit. Tapi satu hal yang harus digaris bawahi bahwa uang yang kamu dapatkan itu harus dikembalikan sesuai dengan kesepakatan. Nah tips buat kamu nih sebaiknya hindarilah berhutang dalam bentuk apapun agar tidak ada uang yang harus kamu potong dari gajimu hanya karena untuk bayar hutang. Selain itu hidup tanpa hutang membuat hati lebih tenang dibandingkan hidup dengan hutang.

3. Hemat Pulsa atau Internet


Di era modern ini, pulsa ataupun data internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi hampir setiap orang, sebab dengan internet kamu bisa memperoleh informasi kapanpun yang kamu inginkan. Tanpa kamu sadari biaya internet menjadi salah satu faktor yang membuat dompet kamu cepat menipis. Cobalah untuk menggunakan pulsa internet dengan bijak, yaitu dengan menggunakannya hanya untuk hal yang positif. 

4. Manfaatkan Promo atau Diskon


Buat kamu yang sering belanja namun ketika akhir bulan dompet selalu menipis, sebaiknya pintar-pintarlah dalam manfaatkan promo atau diskon. Mulailah belanja keperluan pokok pada toko yang mengadakan diskon atau promo, dengan hal itu kamu bisa menghemat pengeluaran sedikit pengeluaran kamu. Tapi perlu kamu tekankan bahwa belanja hanya apa yang kamu butuhkan bukan yang kamu inginkan.

5. Cari Pendapatan Tambahan


Salah satu solusi agar kamu bisa survive di akhir bulan adalah dengan mencari pendapatan tambahan. Pendapatan tambahan yang dimaksud di sini tidak harus bernilai besar. Kamu bisa mencari pendapatan tambahan dengan menjadi freelancer, membuka online shop, blogging, youtuber dll. Meskipun pendapatan awalnya kecil tetapi setidaknya dapat membantu kamu survive di akhir bulan.


Jadi itulah 5 tips agar uang kamu tidak habis di akhir bulan. Buat kamu yang selalu kehabisan uang di tanggal tua, mulailah memperbaiki keuangan kamu minimal dengan mengikuti tips yang telah kami bagikan. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "5 Tips Hemat Agar Uang Kamu TidaK Habis Di AKhir Bulan"