Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

6 Tips Ampuh Untuk Mencegah Dan Mengatasi Haus Saat Berpuasa

Berpuasa merupakan suatu kewajiban yang harus dilaksanankan oleh beberapa orang. Dalam berpuasa anda diwajibkan untuk menahan lapar, haus, amarah dan hawa nafsu. Menahan hal-hal yang dapat membatalkan puasa tidaklah mudah tetapi bukan berarti tidak bisa. Misalnya saja ketika kamu berpuasa namun cuaca setiap hari terasa begitu panas tentu saja akan membuatmu cepat merasa kehausan. Meskipun begitu kamu harus kuat untuk menahan dahaga kamu tersebut.



Adakalanya makanan dan minuman dapat mempengaruhi ketahanan seseorang agar tidak mudah merasa haus. Selain itu jumlah komsumsi makanan dan minuman tersebut harus diatur secara tepat agar dapat mencegah haus berlebihan saat puasa. Selain makanan dan minuman tadi, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar dapat mengatasi rasa haus saat berpuasa. Nah di artikel ini akan dibahas bagaimana cara agar mencegah dan mengatasi haus berlebihan saat puasa.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah memperbanyak mengomsumsi air putih di saat berbuka dan waktu sahur. Kegiatan tersebut akan membuatmu selalu terhidrasi dengan baik. Usahakan selalu mengomsumsi air putih segelas setiap beberapa jamnya mulai dari waktu berbuka sampai waktu sahur. Kebiasaan itu dapat memenuhi cairan tubuhmu yang telah menahan dahaga saat berpuasa dan juga dapat mencegah kehausan di jam-jam tertentu.

2. Komsumsi Buah-Buahan

Setelah melaksanan ibadah puasa seharian tentunya tubuh akan membutuhkan banyak cairan akibat menahan lapar dan dahaga. Dalam memenuhi cairan tubuhmu itu, kamu boleh melakukannya dengan mengomsumsi buah yang memiliki kandungan air yang tinggi, misalnya air kelapa, semangka, melon dll. Buah-buahan tersebut mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan dapat membantumu dalam mencegah  haus berlebihan dikala berpuasa. Ingatlah untuk mengomsumsi buah-buahan tersebut secukupnya saja.

3. Jaga Suhu Tubuh Tetap Normal

Rasa haus yang berlebihan saat berpuasa dapat terjadi akibat suhu tubuh dan lingkungan yang terlalu panas. Suhu tubuh yang panas akan memaksa tubuhmu untuk mengeluarkan keringat yang tetntu saja mengeluarkan cairan tubuhmu melalui proses metabolisme. Jika kamu diharuskan melakukan kegiatan di luar ruangan dengan kondisi cuaca yang sedang teriknya, usahakan untuk tetap beristirahat dengan berlindung di tempat yang teduh. Hal tersebut dapat menjaga kondisi suhu tubuhmu agar tetap normal.

4. Mandi Dengan Air Sejuk

Salah satu langkah efektif untuk menurunkan suhu tubuhmu saat berpuasa adalah dengan mandi menggunakan air yang sejuk. Ingat untuk menggunakan air yang sejuk bukan air yang dingin yah. Ketika selesai beraktivitas usahakan untuk duduk atau istirahat sejenak jangan langsung mandi sebab tubuhmu akan dikagetkan akibat bertemunya dua suhu yang berbeda. Kegiatan mandi tersebut akan menormalkan suhu tubuhmu dan membuatmu tidak merasa haus berlebihan ketika berpuasa.

5. Tempelkan Handuk Dingin Di Pergelangan Tangan

Kamu boleh mencoba menempelkan handuk yang dibungkus dengan es atau handuk dingin pada bagian telapak tangan kamu. Mengapa ditelapk tangan? Sebab Salah satu ttitik nadi berada di daerah telapak tangan. Dengan melakukan hal tersebut suhu dingin akan disebarkan ke seluruh tubuhmu melalui pembuluh darah yang notabene dekat dengan permukaan kulit. Kegiatan tersebut akan lebih mudah menstabilkan suhu tubuhmu dan dapat mengatasi haus berlebihan saat berpuasa.



Jadi itulah hal yang dapat kamu lakukan untuk mencegah dan mengatasi rasa haus yang berlebihan saat berpuasa. Untuk kamu yang sedang melaksanakan puasa tetap semangat dan jangan menjadikan puasa sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Sekian dan terima kasih.

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "6 Tips Ampuh Untuk Mencegah Dan Mengatasi Haus Saat Berpuasa"