Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Skill Penting Yang Harus Dimiliki Anak Muda

Masa muda merupakan masa dimana seseorang mulai matang dalam segi pemikiran, tindakan dan keahlian. Selain itu, di usia muda dapat membuat seseorang lebih mudah dalam mengeksplorasi berbagai macam kegiatan dan memahaminya dalam waktu yang bersamaan. sehingga para generasi muda ini dapat mempelajari banyak hal di masa menuju pendewasaannya. Dengan itu, di masa muda inilah seseorang dapat menemukan jati dirinya yang sebenarnya. 



Alangkah baiknya, seorang anak muda mengisi waktunya dengan kegiatan yang positif dan produktif. Dengan itu, mereka dapat mempunyai skill yang dibutuhkan oleh banyak orang, perusahaan ataupun instansi terkait. Dengan skill-skill tersebut dapat mengantarkannya menuju masa depan yang cerah. Nah apasajakah skill yang harus dimiliki generasi muda atau biasa disebut generasi milenial ini? Simak penjelasan berikut ini.

1. Complex Problem Solving (Pemecahan Masalah Yang Kompleks)


Pada setiap genarasi dari tahun ke tahun, tentunya memiliki suatu permasalahannya tersendiri, entah itu masalah pekerjaan, keluarga, karir ataupun masalah lingkungan. Dengan itu, tidak menutup kemungkinan bahwa akan timbul suatu permasalahan yang baru ke depannya.  Kaum muda yang dikenal kreatif tentunya diharapkan untuk menyelesaikan masalah tersebut apalagi masalah yang berkaitan dengan teknologi. Dengan memiliki skill pemecahan masalah ini, maka kemampuanmu akan sangat dibutuhkan pada setiap aspek kehidupan dan dalam menunjang karir.

2. Critical Thinking (Berpikir Kritis)


Kemampuan berpikir kritis merupakan skill yang harus dimiliki anak muda. Dengan berpikir kritis maka akan melihat suatu permasalahan atau pun informasi dari dua sisi. Dengan itu, kemampuan ini dapat menilai mana informasi ataupun solusi yang paling tepat dengan cara menfilter masukan ataupun informasi yang berdatangan. Anak muda yang memiliki pikiran yang kritis akan menunjukkan bahwa dirinya lebih profesional.

3. Communication (Komunikasi)


Komunikasi merupakan skill yang sangat berguna di kehidupan bermasyarakat ataupun di kehidupan kerja. Pada dasarnya, setiap individu tidak dapat hidup tanpa bantuan dari orang lain. Maka dari itu sangat diperlukan skill komunikasi terutama bagi anak muda agar bisa bersosialisasi dengan orang-orang di sekitar. 

Untuk dapat melakukan komunikasi yang baik, tentunya harus memahami karakter dari lawan bicara terlebih dahulu, setelah itu gunakan teknik komunikasi berdasarkan karakter lawan bicara kamu. Misalnya saja, ketika ingin berbicara dengan orang yang lebih tua maka gunakanlah bahasa yang sopan dan menghargai lawan bicara. Namun ketika ingin berbicara dengan orang yang sepantaran atau lebih muda maka berbicaralah dengan bahasa yang kekinian atau bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh mereka.

4. Creativity (Kreativitas)


Semakin ke sini persaingan di dunia kerja ataupun kehidupan keseharian membutuhkan ide-ide atau inovasi terbaru. Ide-ide inovatif tersebut dapat memecahkan masalah yang sedang terjadi dan juga dapat menaikkan kualitas dari suatu perusahaan atau individu. Ide-ide tersebut akan lahir dari pemikiran orang-orang yang kreatif. Maka dari itu, sudah sewajarnya kaum milenial dapat bersaing dengan orang lain melalui kreativitasnya. Untuk mendapatkan ide yang kreatif diperlukan berbagai informasi dan juga pengalaman yang bisa didapatkan dari diri sendiri ataupun terinspirasi dari orang lain.

5. Negotiation (Negosiasi)


Dewasa ini  merupakan eranya kolaborasi yang lebih menjanjikan dibandingkan jika bekerja secara individual. Sebuah kolaborasi dapat menciptakan ide dan kerja sama yang saling menguntungkan, misalnya saja kerja sama dalam hal bisnis. Untuk melakukan sebuah kolaborasi, diperlukan skill negoisasi yang baik agar dapat meyakinkan dan menerima rekan kerja atau bisnis. Negoisasi yang baik merupakan skill yang harus dimiliki generasi muda.


Jadi itulah 5 skill yang harus dimiliki generasi muda atau millenial. Untuk kamu kaum millenial, usahakan untuk mempunyai beberapa skill yang telah dijelaskan agar kamu dapat bersaing dari orang lain. Skill tersebut harus kamu miliki agar dapat menjadi poin plus ketika kamu melamar kerja nantinya. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "5 Skill Penting Yang Harus Dimiliki Anak Muda"