Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Hal ini Menggambarkan Kehidupan Setelah Lulus Kuliah


Wisuda merupakan suatu hal yang dinanti-natikan oleh seorang mahasiswa. Wisuda menjadi hari seorang mahasiswa dinyatakan lulus pada suatu perguruan tinggi. Tidak ada lagi kelas pagi maupun revisi, membuat kamu merasa bebas. Tapi satu hal yang perlu kamu tekankan bahwa wisuda bukanlah akhir perjuanganmu. Kehidupan setelah lulus kuliah tidak semudah apa yang kamu bayangkan. Gambaran berikut ini akan menggambarkan atau mengilustrasikan kehidupanmu setelah lulus kuliah.

1. Rindu Suasana Kuliah


Kenangan di masa kuliah akan selalu dirindukan oleh para alumni. Mulai dari kenangan di kelas, kenangan di organisasi sampai kenangan bersama teman di kampus. Tidak jarang kamu menginginkan momen itu kembali lagi namun keinginan kamu harus terhambat dikarenakan teman-temanmu telah sibuk menikmati kehidupannya masing-masing.

2. Bingung Menentukan Pilihan


Setelah wisuda, ada kalanya kamu bingung menentukan pilihan ke depannya. Mulai dari pilihan untuk bekerja di tempat impian, menjadi seorang pebisnis sampai pilihan untuk menikah. Pilihan kamu nantinya akan bergantung pada realitas kehidupan yang sedang kamu hadapi.

3. Merasakan Susahnya Mendapatkan Pekerjaan


Menjadi lulusan perguruan tinggi bukan berarti esoknya kamu bisa mendapatkan pekerjaan. Namun kamu harus bersaing ketat dengan para alumni perguruan tinggi lainnya untuk memperebutkan suatu pekerjaan. Kamu akan mengalami pahitnya kehidupan ketika lamaran kamu ditolak. Realitas tersebut membuatmu ragu untuk bekerja di tempat yang kamu inginkan 

4. Kesehatan Mental Semakin Menurun


Susahnya dapat pekerjaan akan selalu kamu alami terlebih lagi jika kamu lulus hanya mengandalkan ijazah saja. Berbagai lamaran sudah kamu coba namun pada akhirnya selalu ditolak. Telinga kamu mulai panas mendengar ocehan tetanggamu mengenai hal ini, ditambah lagi rasa iri datang ketika melihat temanmu yang sudah sukses. Realitas tersebut akan menghajar habis-habisan kesehatan mentalmu.

5. Berhasil Atau Putus Asa


Ada pepatah yang mengatakan bahwa “Usaha keras tidak akan menghianati hasil”. Ada banyak orang yang akhirnya mendapatkan pekerjaan namun harus melakukan usaha keras telebih dahulu. Di sisi lain ada juga orang yang putus asa sebab usahanya selama ini belum membuahkan hasil. Ingat kawanku, ketika usahamu belum membuahkan hasil yang harus kamu lakukan adalah terus mencoba dan barengi dengan doa.

Jadi itulah gambaran kehidupan setelah lulus kuliah. Untuk kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, tetap semangat, coba isi waktumu dengan mengasah skill baru dan yang penting selalu berdoa dan bertawakkal, sekian dan terima kasih.
Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "5 Hal ini Menggambarkan Kehidupan Setelah Lulus Kuliah"