Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Bangun Rasa Percaya Diri Kamu Dengan 5 Tips Sederhana Ini

Pikiran negatif yang menganggap diri biasa saja dapat membuat kamu tidak percaya diri (pede). Seringkali kamu merasa berkecil hati karena tidak bisa seperti orang-orang pada umumnya. Malu, insecure, introvert bukanlah alasan kamu tidak bisa menjadi percaya diri. Yuk bangun percaya diri kamu dengan 5 tips dan motivasi berikut ini.

1. Stop Membandingkan Diri

tips membangun rasa percaya diri

Ada kalanya membandingkan diri sendiri dengan orang lain merupakan tindakan yang positif apabila ditujukan untuk memotivasi diri. Namun terlalu sering melakukan hal tersebut  justru akan membuat kamu semakin down. Kamu akan cenderung menyalahkan dirimu sendiri yang tidak bisa seperti orang-orang yang sukses atau baik. Dengan itu kamu hanya bisa melihat kekurangan diirmu saja dan membentuk sifat mindermu. Maka dari itu stop membandingkan dirimu dengan orang lain, percayalah setiap orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

2. Berpikir Positif

tips membangun rasa percaya diri

Perasaan kurang percaya diri terbentuk akibat pikiranmu yang selalu berpikir negatif. Kamu sering menganggap bahwa jika melakukan sesuatu maka saya akan gagal atau ditertawakan. Percayalah anggapan kamu itu tidak sepenuhnya benar, bisa saja ketika kamu melakukan sesuatu orang-orang justru memuji dan mengapresiasi apa yang kamu lakukan. Maka dari itu selalulah berpikir positif dan jauhkan anggapan-anggapan yang belum pasti terjadi. Dengan melakukan hal tersebut kamu akan merasa percaya diri dan nyaman ketika melakukan sesuatu.

3. Kenali Dirimu

tips membangun rasa percaya diri

Ada beberapa orang yang lebih sering memikirkan urusan orang lain ketimbang dirinya sendiri. Mereka lebih banyak mengetahui kelebihan dan kekurangan orang lain dibandingkan mengenali dirinya sendiri. Alhasil, mereka tidak tahu potensi dan kelebihan yang ia miliki. Sebaliknya ia lebih mengetahui banyak kekurangan dirinya akibat membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Tindakan tersebut akan membentuk rasa minder dan kurang percaya diri. Maka dari itu, cobalah mengenali dir sendiri dengan mencoba hal baru untuk mengetahui potensi diri kamu. Dengan kelebihan yang kamu miliki akan membuatmu lebih percaya diri, terlebih lagi mengenai hal-hal yang kamu sukai.

4. Pakai Pakaian Yang Nyaman

tips membangun rasa percaya diri

Salah satu hal sederhana yang menurunkan rasa percaya diri adalah masalah outfit. Mereka yang mengenakan pakaian branded akan lebih merasa percaya diri sebab apa yang mereka kenakan itu memiliki harga yang mahal. Meskipun begitu, kamu tidak harus memakasa diri untuk mengenakan outfit yang branded untuk meningkatkan rasa percaya diri. Cobalah mengenakan outfit yang nyaman dan cocok menurut kamu. Dengan begitu tidak akan menimbulkan pikiran negetif terhadap dirimu. Akibatnya, kamu akan merasa lebih percaya diri dan masa bodoh dengan tanggapan orang mengenai stelanmu.

5. Mulai Membuka Obrolan

tips membangun rasa percaya diri

Cara sederhana untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memulai obrolan bersama orang baru. Cobalah basa-basi dengan orang baru tersbut, misalnya menanyakan nama, asal, hobi dll. Dengan seringnya kamu melakukan hal tersebut maka akan membiasakan diri untuk bersosialisasi dengan orang lain. Alhasil, kamu tidak akan canggung lagi ketika harus berkenalan dengan orang lain. Dengan kemampuan itu, akan memupuk rasa percaya diri kamu.

Jadi itulah bagaimana 5 motivasi agar kamu bisa percaya diri. Untuk kamu yang merasa kurang percaya diri, berhentilah berpikir yang tidak-tidak dan mulailah obrolan dengan orang tidak kamu kenal. Sekian dan terima kasih

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "Bangun Rasa Percaya Diri Kamu Dengan 5 Tips Sederhana Ini"