Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Dan Teknik Sederhana Dalam Menghemat Listrik

Saat ini kebutuhan listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Namun ada kalanya penggunaan listrik yang cenderung boros menyebabkan tagihan listrik menjadi membengkak sehingga uang yang seharusnya bisa kamu gunakan untuk keperluan lain harus rela digunakan buat tagihan listrik. Oleh karena itu kamu harus melakukan penghematan listrik. Selain kebiasaan berhemat sebenarnya ada beberapa cara dan teknik yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik. Nah berikut ini cara / tips dan teknik dalam menghemat listrik yang bisa kamu lakukan

cara dan teknik tips menghemat listrik

1. Cabut Kabel Elektronik Dari Stop Kontak Saat Tidak Digunakan 

Ketika barang elektronik tidak lagi kamu gunakan, maka cabtutlah colokannya dari stop kontak sebab barang elektronik dengan kabel masih tertancap meski dalam keadaan mati atau off tetap akan mengomsumsi daya yang sedikit. Meskipun sedikit, namun apabila kamu terbiasa melakukannya sepanjang tahun maka jumlahnya akan banyak. Dengan langkah sederhana itu kamu bisa menghemat sedikit penggunaan daya listrik.

2. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

Menggunakan Kwh meter dengan sistem pulsa ada kelebihan dan kekurangannya. Terlepas dari kekurangannya, penggunaan listrik dengan sistem pulsa akan membantu kamu dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Listrik pulsa ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah kamu rencanakan sebelumnya untuk satu bulan. Misalkan saja kamu sudah menganggarkan token listrik sebesar 700.000 maka kamu harus berusaha dan komiten supaya penggunaan listrik kamu tidak melebihi 700.000 tersebut.

3. Hemat Pemakaian Lampu

Lampu merupakan salah satu barang elektronik yang banyak kamu gunakan di rumah. Kamu bisa menghemat listrik dengan mensiasati kebutuhan penerangan di rumah. Kamu sebaiknya menggunakan lampu hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama saat siang hari. Gunakan lampu hemat energi misalnya lampu LED yang mengomsumsi daya listrik yang relatif sedikit.

4. Matikan Alat Elektronik Saat Tidur

Ada kalanya ketika kamu tidur lampu dan barang elektronik masih dalam keadaan ON. Kamu bisa menghemat listrik dengan cara mematikan peralatan elektronik yang tidak kamu gunakan sebelum tidur, misalnya Lampu, TV dan peralatan lainnya. Kamu bisa memasang timer pada peralatan elektronik kamu sehingga ketika kamu tertidur peralatan elektronik tersebut juga akan off.

5. Gunakan Alat Elektronik yang Hemat Listrik

Saat ini sudah banyak inovasi barang elektronik yang hemat energi. Meskipun sedikit mahal, namun dengan menggunakan barang elektronik tersebut dapat mengurangi komsumsi daya listrik di rumah kamu. Di sisi lain barang elektronik tersebut lebih tahan lama, misalnya saja menggunakan lampu LED atau bisa juga menggunakan TV LED yang nota benenya lebih hemat energi.

Jadi itulah tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat listrik. Buat kamu yang masih boros dalam menggunakan listrik sebaiknya mulailah berhemat sedikit demi sedikit agar tidak menguras isi dompet hanya untuk pengeluaran tagihan listrik. Sekian dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih.

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "5 Tips Dan Teknik Sederhana Dalam Menghemat Listrik"