Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Tips Dalam Menghadapi Rasa Takut Yang Kamu Alami

Setiap manusia pasti mempunyai rasa takut, entah itu takut hal gaib, takut gagal, takut ditingalkan seseorang dll. Rasa takut pada manusia menandakan bahwa ada bahaya atau sesuatu yang tidak menyenangkan sehingga mendorongnya untuk menjauh dan melindungi diri. Namun di balik itu, terdapat beberapa orang yang memiliki rasa takut yang berlebihan dan sulit untuk dikontrol. Rasa takut yang berlebihan itu membuatnya terhambat dalam melakukan sesuatu dan ujung-ujungnya di bawah stress. 

tip menghadapi menghilangkan rasa takut

Mereka yang sedang merasakan ketakutan akan mencari cara menghadapi rasa takut yang ia alami, misalnya saja konsultasi dengan psikolog atau mencari cara di berbagai sumber. Bagaimana sih cara menghadapi dan menhilangkan rasa takut yang sedang dialami. Simak 5 tips berikut ini dalam menghadapi dan menghilangkan rasa takut.

1. Kenali Pemicu Rasa Takut Kamu

Sering kali kamu merasa takut pada sesuatu yang masih abu -abu atau kita sebut saja sesuatu yang belum jelas. Untuk dapat mengatasi rasa takut yang kamu miliki, langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengenali pemicu rasa takutmu.  Dengan begitu kamu akan lebih fokus terhadapap pemicu rasa takut kamu dan mencegahnya terjadi kembali atau setidaknya kamu bisa fokus mencari solusinya. 

2. Hindari Rasa Perfectionis

Tidak ada salahnya apabila kamu mempunyai kepribadian yang perfectionis. Tapi kamu harus realistis juga apakah kepribadianmu itu membuatmu terbebani atau tidak. Sering kali kamu akan takut untuk melakukan sesuatu karena takut nantinya tidak sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Sebaiknya kamu mengurangi rasa perfectionismu itu dan cenderung menerima bahwa sesuatu yang tidak diinginkan kemungkinan saja terjadi. Dengan hal itu kamu jadi lebih tenang dan tidak takut untuk memulai.

3. Cari Waktu Untuk Menenagkan Diri

Buat kamu yang memiliki rasa ketakutan yang berlebihan, carilah waktu untuk menenangkan diri agar pikiran kamu lebih rileks. Dengan pikiran yang rileks membuat kesehatan fisik dan mental kamu jauh lebih baik. Ada kalanya rasa takut kamu datang karena dipicu oleh pikiran yang berlebihan. Maka dari itu mulailah menghilangkan rasa takut kamu dengan menenangkan diri.

4. Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif tentu saja akan berdampak baik bagi tubuh dan pikiran kamu. Dengan berpikir positif membuat rasa ketakutan kamu perlahan menghilang. Buat kamu yang memiliki rasa takut berlebihan, Cobalah pikirkan kemungkinan positif yang terjadi ketika kamu akan memulai sesuatu. dengan itu kamu akan menjadi sosok yang pemberani dan mudah untuk melakukan sesuatu. 

5. Minta Dukungan Orang Terdekat

Ketika kamu sedang menghadapi rasa takut, pastikan ada orang terdekat yang selalu mendukung kamu. Entah itu keluarga, kekasih ataupun sahabat kamu. Dengan adanya dukungan dari orang terdekat itu membuat kamu merasa lebih semangat. Cobalah ceritakan rasa takut kamu kepada orang terdekatmu itu, karena tidak jarang mereka akan memberikan solusi akan rasa takutmu yang sedang kamu alami.

Jadi itulah cara menghadapi rasa takut yang berlebihan. Buat kamu nih yang sedang mengalami rasa takut, tetap berpikir positif karena tidak semua rasa takut yang kamu pikirkan akan terjadi. Tetap semangat dan selalu berdoa agar rasa takutmu itu dihilangkan. Dan kami akhiri dengan ucapan terima kasih. 

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "5 Tips Dalam Menghadapi Rasa Takut Yang Kamu Alami"