Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

5 Cara Sederhana Menghargai Lawan Bicara

Berkomunikasi merupakan suatu bentuk usaha seseorang dalam memberi dan memperoleh informasi dari orang lain. Dengan interaksi berupa komunikasi dengan orang lain membuat kehidupan menjadi lebih hidup dan bermakna. Sudah sewajarnya apabila komunikasi merupakan cara yang tepat untuk memahami seseorang sehingga dapat meningkatkan relasi antar sesama.

adab dan etika dalam berbicara

Perlu kamu ketahui bahwa dalam berkomunikasi atau berbicara dengan orang lain terdapat etika yang harus kamu lakukan. Etika atau adab dalam berkomunikasi bertujuan untuk membuat komunikasi menjadi lebih baik dan membuat orang yang berkomunikasi saling menghargai. Maka dari itu perlu menghargai lawan bicara agar dapat memahami isi dari komunikasi dan membuat pembicara merasa lebih senang. Beikut ini merupakan cara menghargai lawan bicara dengan memperhatikan etika dan adab dalam berbicara.

1. Fokus Terhadap Topik Pembicaraan

Dalam melakukan sebuah komunikasi tentu saja ada maksud yang ingin disampaikan atau ada hal yang ingin diketahui. Maka dari itu perlu bagi kamu untuk fokus terhadap pembicaraan yang kamu lakukan agar apa yang lawan bicaramu sampaikan atau tanyakan dapat kamu pahami betul. Dengan kebiasaan fokus terhadap topik pembicaraan membuat lawan bicaramu lebih dihargai sebab ia tidak perlu buang energi untuk mengulangi kata-katanya.

2. Tatap Mata Lawan Bicaramu

“Mata adalah jendelah hati” begitulah istilah yang menggambarkan betapa pentingnya menatap mata lawan bicara ketika sedang ngobrol sebab dengan itu kalian dapat lebih mudah menangkap isi dari pembicaraan yang kamu lakukan. Selain itu dengan menatap mata seseorang kamu dapat memahami dan merasakn ekspresi dari lawan bicaramu sehingga timbul rasa empati dan simpati. Seseorang akan merasa lebih dihargai ketika lawan bicaranya menatap matanya seakan menunjukkan keseriusan dalam berkomunikasi. 

3. Ucapkan Maaf, Tolong dan Terima Kasih

Kata maaf, tolong dan terima kasih merupakan sebuah kata sederhana yang dapat membuat seseorang lebih dihargai. Kamu harus mengucapkan maaf ketika sedang melakukan kesalahn dengan itu lawan bicaramu akan menghargainya dan memaafkanmu. Kamu harus mengucapkan tolong ketika meminta bantuan kepada seseorang dengan itu mereka akan senang hati menolongmu. Kamu harus mengucapkan terima kasih ketika telah dibantu olehh orang lain dengan itu mereka akan merasa dihargai dan tidak merasa berat ketika kamu memerlukan bantuannya lagi.

4. Bicara Yang Baik atau Diam

Pembicaraan yang tidak baik semisal gosip merupakan pembicaraan yang sebaiknya kamu hindarkan. Jangan beranggapan “tidak mengapa gosip asalkan orangnya tidak tahu” itu justru menujukkan kualitas buruk dirimu. Lawan bicaramu akan memilih menghindar ketika kamu memulai pembicaraan yang tidak baik dan dengan itu mereka akan menganggap bahwa kamu tidak menghargainya.

5. Tidak Melupakan Nama

Nama merupakan sebuah identitas yang dimiliko oleh setiap individu. Ketika memulai pembicaraan dengan orang baru usahakan untuk menanyakan namanya sehingga ia menganggap bahwa dirinya itu penting bagi kamu. Ketika kamu bertemu dengan orang lain yang sudah kamu kenal maka sapalah dengan menyebutkan namanya agar mereka menganggap bahwa kamu ini orangnya tidak mudah lupa dengan orang lain. Kebiasaan menyebutkan nama dalam sebuah pembicaraan dapat membuat lawan bicaramu merasa lebih dihargai.

Jadi itulah cara menghargai lawan bicara agar mereka merasa lebih dihargai. Dengan menerapkan etika dan adab dalam berkomunikasi, lawan bicaramu akan merasa senang berbicang denganmu, Sekian dan terima kasih

Novazenn
Novazenn Just a Blogger

Post a Comment for "5 Cara Sederhana Menghargai Lawan Bicara"